Audit Manajemen atau Audit Operasional itu Apa?

Pembaca Internal Audit Forum yg budiman, apa pengertian Audit Manajemen atau Audit Operasional itu? Apakah Anda sudah paham betul? Sudah atau belum, mari kita Sharing atau berbagi melalui Internal Audit Forum ini.

Sejauh yg saya ketahui, Audit Manajemen atau Audit Operasional adalah audit atau pemeriksaan yg dilakukan auditor terhadap kinerja operasional suatu aktifitas, baik aktivitas yg menghasilkan produk berupa barang, maupun yg menghasilkan jasa. Adapun tujuan audit operasional adalah untuk menilai kinerja unit, departemen, atau divisi yang bersangkutan, apakah sudah berjalan secara efisien dan efektif. Eisiensi dan efektifitas suatu unit atau departemen sangat dipengaruhi oleh kompetensi manajemen puncak dan manajemen menengah serta kepatuhan para manajer tsb terhadap kebijakan organisasi, itulah sebabnya audit operasional tidak bisa dilepaskan dari audit manajemen, sehingga seringkali audit operasional diasumsikan sama dengan audit manajemen.

Evaluasi terutama dilakukan terhadap proses manajemen-nya, yakni sejauh mana proses manajemen yg dilakukan pada unit, departemen, divisi tsb mempengaruhi atau berakibat pada kinerja unit organisasi yg di-audit tsb. Dalam hal ini, audit operasional tidak hanya dilakukan di unit produksi, tetapi di departemen Accounting-pun audit operasional atau audit manajemen bisa dilakukan. (Untuk audit operasional Departemen Accounting ini akan saya bahas tersendiri).


Pembaca Internal Audit Forum yg budiman, karena audit terutama diarahkan pada proses manajemen-nya, maka internal auditor yg melakukan audit manajemen atau audit operasional ini harus paham betul apa itu manajemen, proses manajemen, dsb, yg biasanya merupakan tahapan Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. Atau ada juga yg mengatakan Plan, DO, Check, Action (PDCA) Continual Improvement. Di samping itu, Internal Auditor dalam audit manajemen ini juga dituntut untuk memahami betul operasional atau Business Process yg sedang di-audit, supaya dia bisa memberikan rekomendasi yg lebih berbobot.

Lalu apa bedanya dengan Audit ISO 9001 atau Audit Manajemen Mutu?

Pembaca Internal Audit Forum yg budiman, Audit ISO 9001 atau audit System Manajemen Mutu dalam prakteknya seringkali menjadi bagian dari audit manajemen atau audit operasional yg tidak bisa terpisahkan. Atau bisa juga dikatakan, ia hanya merupakan bagian dari audit operasional atau audit manajemen. Jika memang dari audit yg dilaksanakan oleh auditor operasional memerlukan audit ISO 9001, maka mau-tidak-mau auditor operasional akan melakukan pula audit kepatuhan atau compliance audit ISO 9001. Misalnya, ditemukan adanya penyimpangan dari kinerja operasional, dan ada indikasi penyimpangan tsb diakibatkan oleh karena tidak dipatuhinya prosedur (standard operating procedure) atau instruksi kerja dalam System Manajemen Mutu ISO 9001 ybs, maka Auditor Operasional akan memeriksa pula implementasi System Manajemen Mutu-nya.

Sakali lagi bisa saya tegaskan, bahwa Audit ISO 9001 atau juga audit system manajemen lingkungan ISO 14001 hanya berbicara mengenai, atau fokus pada kepatuhan manajemen terhadap standard internasional ISO 9001 atau system manajemen mutu yg telah ditetapkan organisasi. Itulah sebabnya, audit system manajemen mutu ISO 9001 juga disebut dengan compliance audit atau audit kepatuhan. Ia bukan menilai efisiensi dan efektifitas unit yg di-audit tsb. Ia mengevaluasi sejauh mana efektifitas implementasi system manajemen mutu-nya.

Sampai di sini barangkali ada yg hendak didiskusikan atau di-sharingkan, saya berharap Anda, pembaca Internal Audit Forum, berkenan menanggapi pada kolom "Post a Comment" di bawah ini. Atau mengirim email ke e-mail address yg ada di halaman "Contact". Silakan Klik di Sini. Selamat membaca artikel-artikel lainnya. Salam sukses selalu.

8 comments:

firdaus said...

Selamat siang mas,
saya mau tanya, SOP di perusahaan saya baru efektif selama 1 bulan dan saya melakukan audit kepatuhan atas SOP yang ada dan merekomendasikan hal-hal yang masih memiliki kelemahan dalam internal control untuk dibuatkan system.
Apakah hal tersebut sudah benar saya lakukan ?

Terima kasih.

Anonymous said...

Selamat siang Pak, saya sangat tertarik dengan postingan ini. Postingan ini sangat bermanfaat bagi saya. Berhubung saya adalah fresh graduated, dimana saya sedang terikat test di perusahaan dengan posisi Store Audit. Lalu di tahap akhir saya di tugaskan untuk membuat Presentasi mengenai Audit, apapun jenis Auditnya. . saya mohon bantu doannya ya Pak agar bisa lolos sehingga saya bisa terus berinteraksi dengan bapak. ..Terimakasih banyak.

Stanley Sutrisno said...

Suyukurlah, bahwa semakin banyak orang yang mendapat manfaat dari Blog ini, krn memang itulah tujuan saya membuat Blog ini.

Saya doakan semoga Anda berhasil. Saya juga berharap kita terus bisa menjalin kontak. Salam sukses.

Stanley Sutrisno

welcome to a dynamic life said...

Alhamdulilah, berkat doa dan postingan bapak Syanley..presentasi saya berhasil dan saya di terima bekerja..
saya juga sangat mengharapkan kita bisa terus menjalin kontak.
Trimakasih banyak.

Stanley Sutrisno said...

Buat "Dynamic Life", Selamat, dech... semoga sukses selalu...

Btw, Blog-nya keren, loh...!!

Salam.

Stanley.

Puji Asmoro said...

trimakasih Pak,
duh jd GR sy, makasih jg pujiannya pak..hehe

setiawan said...

salam kenal pak,
saya setiawan.kebetulan saya bekerja sebagai internal audit corporate di sebuah perusahaan multi bisnis.saya sangat kagum dengan apa yang bapak sampaikan ttg internal audit di blog ini.
semoga tambah sukses

Unknown said...

kita juga punya nih jurnal Manajemen Audit, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/6210/1/18%20JURNAL.pdf
semoga bermanfaat yaa :)

Internal Audit Forum. DAFTAR ISI:

Silakan baca artikel "Internal Audit Forum" lainnya.

Klik Links di bawah ini: