Audit Fungsi Pemasaran atau Marketing_1

Pembaca Internal Audit Forum yg budiman, Audit Fungsi Pemasaran atau Marketing adalah pemeriksaan yg dilakukan terhadap suatu unit, bagian, departemen, atau divisi pemasaran untuk mengevaluasi apakah fungsi bagian ini berjalan efektif dan efisien. Operasional atau pelaksanaan fungsi dari bagian pemasaran dikatakan efektif jika target, tujuan, maupun program yg telah ditetapkan untuk fungsi ini bisa tercapai. Sedangkan dikatakan efisien, jika biaya untuk operasional pemasaran tsb tidak melampaui biaya yg sudah ditetapkan sebelumnya.

Pembaca Internal Audit Forum yg budiman, untuk bisa menyimpulkan efektif tidaknya dan efisien tidaknya fungsi pemasaran tsb Internal Auditor harus mengetahui tujuan, sasaran atau target, program atau rencana kerja, dan juga biaya yg dianggarkan. Biasanya informasi semacam ini ada di dalam budget penjualan atau Sales Budget atau Sales Plan. Audit fungsi pemasaran atau Marketing mengevaluasi kinerja unit atau bagian pemasaran dengan cara membandingkan antara realisasi pelaksanaan atau pencapaian Vs Sales Budget atau Sales Plan. Pembandingan meliputi kuntitas atau volume dan juga harga atau value.

Jika actual performance lebih rendah dari Sales Plan atau Budget, maka perlu dilihat lebih jauh, apakah masalahnya ada pada volume atau pada harga jual. Kemudian dicari penyebabnya, kenapa hal itu terjadi. Pembaca Internal Audit Forum yg budiman, jika harga jualnya yg tidak tercapai, atau di bawah harga jual yg telah ditetapkan sebelumnya, maka Internal Auditor perlu mencari informasi apakah harga pasar untuk produk yg sama dengan kualifikasi yg kita jual harganya memang sedang turun dan sama dengan harga jual produk kita? Atau lebih tinggi?

Kalau ternyata harga di pasaran lebih tinggi, maka perlu penelusuran lebih lanjut kepada internal fungsi pemasaran kita, mengapa hal itu terjadi, sampai Internal Auditor bisa mengambil kesimpulan apa penyebab utamanya (root cause). Dengan demikian Internal Auditor bisa memberikan rekomendasi perbaikan yg "sempurna". Dalam hal ini, biasanya Internal Auditor yg "antenanya panjang", akan mendapatkan hasil yg lebih lengkap ketimbang auditor yg "tidak punya antena".

Pembaca Internal Audit Forum yg budiman, kalaupun harga yg ditetapkan dalam Sales Budget atau Sales Plan tercapai, sebaiknya perlu dipelajari juga, apakah harga tsb memang harga yg wajar. Ini bisa dilakukan melalui Benchmarking dan juga mencari Baseline-nya. Apa itu Benchmark dan Baseline? Silakan membaca kelanjutan artikel Audit Fungsi Pemasaran atau Marketing di sini: Audit Fungsi Pemasaran atau Marketing_2.

2 comments:

firdaus said...

Selamat Siang,
Saya mau tanya perihal Laporan Audit. ketika melakukan audit, saya lebih kepada objek Pengontrolan, Pengelolaan dsb yang mana saya melihat pada sistem yang sedang diterapkan tetapi tidak melihat yang sifatnya material (karena sulit menemukan bukti).
Karena cara pengelolaan ataupun pengontrolannya menurut saya banyak kekurangan sehingga pada Laporan Audit rekomendasi dari saya adalah lebih kepada untuk membuat sistem pengendalian dulu dan tidak mengangkat perihal kerugian material.
Apakah Laporan Audit saya sudah benar seperti itu mas ?

Terima kasih.

soffia said...

Selamat malam,

Saya ingin bertanya sekiranya kami (pasukan internal audit) ketiadaan Chief Internal Audit..bagaimana dgn reported level? perlu report kepada audit commitee terus atau board? sila beri penjelasan kerana CEO company ingin monitor kami buat sementara waktu.

Internal Audit Forum. DAFTAR ISI:

Silakan baca artikel "Internal Audit Forum" lainnya.

Klik Links di bawah ini: