Internal Audit Forum. TANYA JAWAB

Pembaca "Internal Audit Forum" yg budiman, halaman ini saya sajikan untuk tanya jawab atau sharing berbagai hal yg terkait dengan Audit Manajemen atau Audit Operasional.

Di halaman ini silakan Anda, pembaca "Internal Audit Forum" yg budiman, menanyakan berbagai hal yg terkait dengan Audit Manajemen atau Audit Operasional dari sudung pandang Internal Auditor. Bukan Eksternal Auditor. Meskipun tujuan auditnya bisa dibilang hampir sama, tetapi ini semata-mata agar pembahasan di Internal Audit Forum ini lebih spesifik atau lebih fokus.

Pembaca Internal Audit Forum yg baik hati, untuk sementara, teknis pengajuan pertanyaan di halaman Tanya Jawab ini menggunakan "comment" atau "Post a Comment" yg ada di bawah halaman ini. Selanjutnya, pertanyaan Anda, akan saya Upload ke halaman ini.

Apakah saat ini ada pertanyaan yg mau di-sharingkan? Silakan tulis di "comment" atau "Post a Comment" yg ada di bawah halaman ini. Terima kasih. Salam sukses selalu.

39 comments:

MS. Han said...

Tolong, dong, dikasih contoh untuk audit bagian marketing.
Saya tunggu, ya...
Thanks.

Stanley said...

OK! Dalam waktu dekat, aku akan kasih penjelasan dan juga contohnya.

Thanks.

Eko said...

Sy sekarang sedang melaksanakan Audit Operasional Store diperusahaan retail, aspek2 apa saja yang perlu diaudit? Buku apa yang bisa dijadikan referensi. Thanks

Eko said...

Saya ingin meningkatkan kualitas laporan Internal Audit, bagaimana caranya ya? Terima kasih

aqso said...

salam kenal mas stanly...
panggil saja saya ibnu, saya bekerja di industri perkebunan kelapa sawit di kalimantan sebagai auditor internal.
saat ini boleh dibilang perusahaan tempat saya bekerja merupakan pemain baru di bidang perkebunan kelapa sawit, jadi masih minim sekali pengalaman bisnis di bidang tersebut.
sampai saat ini perusahaan ditempat saya bekerja belum ada standar sistem operasional yang ditetapkan sebagai kebijakan operasional perusahaan.
saya mau minta pendapat nih sama mas stanly, apa yang mesti saya lakukan...? bagaimana saya bisa melakukan audit kalo SOP sebagai kriteria audit nya aja gak ada...?

Anonymous said...

di perusahan kami masih belum
adanya sistem yang
terdokumentasi, lalu kami
diinisiatifkan untuk membentuk
sistem (kami auditor internal) krn
auditor internal tidak bisa dilakukan
bila sistemnya tdk ada, lalu
1.sistem itu sendiri dibagi apa2 aja
(yg saya tau form prosedur dan
manual, work instruction / SOP) ?,
2.apa yg harus diprioritaskan lbh
dahulu (dari prosedur, form, sop,
dsb),
3. apa bapak punya semacam
referensi buat melakukan proses
tsb (makasih maaf panjang-
semoga ga ngerepotin) makasih
byak

aimee said...

mohon pencerahan mas stanley,
background saya accounting tapi saya di mutasi sebagai internal auditor di prusahaan yg blom pernah punya internal auditor. pertanyaan saya :
1. apa jobdesk saya?
2. bagaimana mengaudit inventory di prusahaan trading?
3. sampai sejauh mana 'kekuasaan' saya, hanya memberikan masukan ato bisa membuat keputusan?
4. contoh laporan yang saya hasilkan bagaimana?
sory ya mas kebanyakan.. saya buta soal audit internal.
Terima kasih banyak buat tanggapannya.

Stanley Sutrisno said...

Buat ytk aimee,

atas pertanyaan Anda, saya usahakan dalam minggu ini saya sudah bisa menanggapi. Paling lama Jum'at.

Mohon maaf, karena saya sedang ada kesibukan. Salam.

Stanley.

firdaus said...

Selamat Siang,
Saya mau tanya perihal Laporan Audit. ketika melakukan audit, saya lebih kepada objek Pengontrolan, Pengelolaan dsb yang mana saya melihat pada sistem yang sedang diterapkan tetapi tidak melihat yang sifatnya material (karena sulit menemukan bukti).
Karena cara pengelolaan ataupun pengontrolannya menurut saya banyak kekurangan sehingga pada Laporan Audit rekomendasi dari saya adalah lebih kepada untuk membuat sistem pengendalian dulu dan tidak mengangkat perihal kerugian material.
Apakah Laporan Audit saya sudah benar seperti itu mas ?

terima kasih.

Layar Aldo Jatmiko said...

Bapak/Ibu tolong dong saya sedang menyusun tugas akhir (skripsi) dengan judul audit operasional atas pengadaan barang... tapi saya belum dapat tempat untuk melkukan riset.. mungkin bapak/ibu punya referensi perusahaan yang memiliki prosedur audit operasional atas pengadaan barang, mohon bantuannya..thanks..

untuk infonya bisa dikirim ke email saya
Layar_aldojatmiko@yahoo.com

Dipa Utomo said...

bapak/ibu, saya butuh contoh audit untuk tv lokal. bagaimana itu. saya kurang jelas

dipa utomo said...

bapak/ibu, saya butuh contoh audit untuk tv lokal. bagaimana itu. saya kurang jelas

Unknown said...

slamat siang..
saya baru saja jadi auditor,sebelumnya jadi accuntan, ada bebrapa prtanyaan:
1.apa gunanya cut off dan apakah dilakukan utk setiap audit account transaksi
2. apakah dalam PSAK ada standar yg mengatur jumlah minimal nilai dari aktiva tetap? misal: 500rb keatas baru digolongkan fix asset?
3. ada refrensi untuk kursus auditor ga ya yg dekat dengan daerah salemba? kebetulan saya baru jadi auditor jd banyak hal yg harus dipelajari..

thx utk bantuannya..
-desy-

Anonymous said...

Jawaban untuk Ibu Dewi :
1.Fungsi cut off adalah untuk memastikan setiap pencatatan transaksi dicatat pada periode yang benar sesuai dengan kebijakan akuntansi masing2 perusahaan.
Cut off biasanya dilakukan dengan mengambil beberapa transaksi sebelum dan sesudah tanggal neraca. Dan dari transaksi tersebut dilakukan pemeriksaan dan pemastian ke syarat pencatatan dan kebijakan akuntansi, apakah transaksi tersebut layak dan tepat dicatat pada periode akuntansi tersebut atau tidak.
2.untuk FIxed Assets, tidak ada penentuan secara langsung nilai berapa yang pantas diakui sebagai aktiva tetap atau dibiayakan, akan tetapi syarat2 pengakuan ada diatur di PSAK. yakni : Nilai transaksi, masa manfaat, dsb.
3. untuk jawaban no.3 saya tidak bisa beri jawaban, sebab saya berasal dari Medan.... Hahahahaha :)
SALAM : RUDY

Ericx said...

Semangat pagi, Pak Stanley...Pak stanley bisa bantu saya bikin program internal audit untuk pemeriksaan event atau venue ga? misalnya audit pelaksanaan pameran seperti di Jakarta Internasional expo. bagaimana program audit untuk pemeriksaan penjualannya, pemeriksaan untuk penggunaan peralatan untuk pameran tersebut.

Terima kasih

http://cvbintanlumbalumba.blogspot.com said...

Mas Stanley yang baik,

Kenalkan nama saya Abdul Mukti, saya ditawari jadi internal auditor untuk perusahaan diving underwater(penyelaman bawah air-untuk wisatawan). Backround saya diploma banking & finance..job description dan pemahaman apa saja agar saya dapat diterima staff internal auditor?

terima kasih
abdulmukti@gmail.com

puji asmoro said...

Selamat siang Pak stanley, saya Puji Asmoro..Berhubung saya auditor yg masih baru, saya mohon bantuan dari bapak. hehe

saya mau tanya,khusus di Store,bagaimana peran Audit dalam
mencegah terjadinya pelanggaran dan potensi Kecurangan??

mohon bantuannya ya Pak,,terima kasih banyak sebelumnya..
pujiasmoro@gmail.com

Unknown said...

Selamat malam Pak.. Bisakah saya minta 2 contoh laporan hasil audit operasional suatu perusahaan? Saya butuh untuk tugas kuliah Pak..

Terima kasih sebelumnya..

Anonymous said...

Selamat pagi

untuk laporan short form internal audit ada ynag punya contohnya ga??

klo ada bisa tolong email kan ke angga.pramudji@ptdh.co.id

Anonymous said...

Salam kenal mas Stanly..

perkenalkan nama saya seprian saya sangat tertarik sekali dengan blog ini... karena kita bisa menambah ilmu disini tentang profesi kita...
saya mau tanya mas, saat ini saya bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang property,perhotelan, dan mall dan saya baru untuk perusahaan di bidang ini..
saya ingin bertanya bagaimanakah audit yang effektif untuk audit di hotel dan property? atau aspek apa sajakah yang perlu diperhatikan dalam melakukan audit di hotel dan property perumahan..
terimakasih atas tanggapannya...

Joe Lumba said...

Salam pak,,,
saya sudah memulai karir sebagai internal auditor dari tahun 2007. tetapi saya masih merasa belum ahli dalam hal ini karena saya blm pernah buat laporan langsung yang ditujukan ke direksi. seandainya suatu saat saya ada kesempatan untuk hal diatas laporan seperti apa yang cocok untuk saya buat pak -khususnya laporan audit kas dan persediaan- ?,,, bagaimana caranya pak supaya menjadi sangat ahli dan patut diperhitungkan dalam profesi ini, seperti bapak?

Anonymous said...

Salam kenal pak Stenly
saya mau mendalami audit IT
apa saja persyaratan yang mendasar yang harus saya kuasai pak & apakah ada pelatihan khusus ( sertifikat )


Trim's
amiruddinzulfikar@yahoo.com

anggha said...

Pak Stanley yang budiman, berdasarkan pengalaman bapak, berapa sih jumlah staff IA di Perusahaan yang bergerak dalam bidang palm oil? ditunggu responnya ya pak. thanks a lot

KarLa said...
This comment has been removed by the author.
KarLa said...
This comment has been removed by the author.
KarLa said...
This comment has been removed by the author.
omie said...

Salam Kenal Mas Stanley..
Omi mo nanya nih, saya mo ngeaudit keuangan spbu, bisa ga diberikan langkah2nya biar g salah2 nanti

NARIMO said...

bagaimana caranya audit agronomy,,soalnya saya dari survey dan legal d pindahkan ke internal audit. sedangkan d perusahaan saya belum ada sistem internal audit yang jelas..tolong saya diberi pencerahan..terimakasih

Anonymous said...

Selamat Siang,

Saya memiliki tugas mengaudit perusahaan yang sedang membangun beberapa fasilitas, pembangunan di lakukan oleh kontraktor.

Bagaimana step2 melakukan audit tersebut.

email : andi.ahmad1986@yahoo.com

Unknown said...

Pak stanley , saya mau tanya..
Gmana prosedur audit pajak undian atau hadiah ??
Data2 pendukung apa saja yang sy harus siapkan ?? Trims pak

Republik Tips said...

Selamat siang pak stenley. Bolehkah saya minta contoh hasil temuan audit pada BPR atau bank untuk seluruh segmen?karena saya baru terjun ke dunia audit. terima kasih

viki said...

Perkenalkan Nama saya viki, saya mau nanya tentang proses audit HRD, objek auditnya apa saja? indikatornya apa? dan metodenya seperti.
kalo bisa sekalian contohnya pak.
terima kasih

shembh said...

Bpk stanly sy mau menanyakan perihal audit trucking, masih belum paham untuk mendalami. Scope2 apa aja yg menjadi peluang untuk celah bagi orang yg tidak bertanggung jawab, mohon pencerahaanya.
Salam Riefky (shembh.getto@gmail.com)

Unknown said...

selamat siang, saya sari salah satu auditor di instansi pemerintah, yg mau saya tanyakan adalah apakah aditor internal harus di audit atau dievaluasi? jika kita akan melaksanakan evaluasi atas kinerja auditor, dengan menyebarkan angket kepada auditi, apa saja yg harus tertera di dalam lembar angket tsb. Thx

Noveri Eko Putra said...

Adakah alat ukur dalam pembebanan Ke-karyawan atas kerugian perusahaan?

Unknown said...

selamat pagi pak, saya baru bekerja di bagian audit internal pada perusahaan Dana Pensiun, sebelumnya tidak ada audit internal di perusahaan ini. saya ingin bertanya apa saja langkah-langkah/proses yang seharusnya saya lakukan dalam mengaudit? apakah bpk ada contoh laporan auditnya serta format file untuk melakukan audit? Terima kasih.

Masharoe said...

Selamat Sore Pak.. Bagaimana langkah-langkah untuk melakukan audit ke Divisi Sales pada perusahaan jasa internet (ISP), dimana persaingan sangat ketat karena banyak perusahaan yang harganya relatif lebih rendah. Bagaimana mengetahui kemungkinan kecurangan yang dilakukan sales dengan menjual paket ISP ke perush kompetitor? terima kasih atas jawabannya.

Unknown said...

Pak, apa punya Audit program untuk audit efisiensi energi... Mohon utk sharing dan sent to liek_w@yahoo.co.id

Bakery slamet said...

Assalam mualaikum pak. saya mau nanya kalau saya buka usaha lalu saya jurnal :

Tanah dan bangunan 10.000.000
Modal 10.000.000

boleh tidak ?
dan selanjutnya saya mau narik modal jurnalnya seperti dibawah:

Modal 10.000.000
Tanah dan Bangunan 10.000.000

boleh tidak pak?

seharusnya bagaimana pak? Terima kasih
Wasallam mualaikum Wr. Wb.

Internal Audit Forum. DAFTAR ISI:

Silakan baca artikel "Internal Audit Forum" lainnya.

Klik Links di bawah ini: