Internal Audit dari 'Kaca-Mata' Praktisi_pertanyaan

Internal Audit Forum Lovers, tgl June 2, 2012 11:51 AM, saya menerima e-mail dari pembaca Internal Audit Forum ini yg berisi beberapa pertanyaan sebagaimana saya kutip sepenuhnya, sesuai dengan aslinya, kecuali namanya yg saya ganti dengan Mr. "X". Melalui postingan ini, saya sekaligus mohon ijin kepada  Mr. "X" untuk memposting pertanyaan Anda ke Blog ini. 
 
Tujuan saya memposting ke Internal Audit Forum ini adalah untuk 'mengakhiri' (maaf saya pakai kata ini untuk mengganti kata 'menjawab' sekaligus juga berharap) pertanyaan-pertanyaan serupa yg dikirim langsung ke email address saya dari para pembaca Internal Audit Forum ini bisa terjawab juga sehingga tidak lagi muncul pertanyaan serupa . Selain itu karena pertanyaan-pertanyaan ini bagus, maka dengan di-posting di Blog Internal Audit Forum ini akan bermanfaat bagi para pembaca lainnya yang di sini saya sebut sebagai Internal Audit Forum Lovers.
 
Pertanyaan ini akan saya jawab beberapa hari lagi setelah saya ada cukup waktu, karena saat ini saya sedang banyak 'pelayanan' di bidang internal audit dan juga konservasi energy. Dengan cukup waktu, saya akan bisa menjawab dengan lebih baik dan lebih lengkap, sebagaimana harapan Mr. "X", demi kepuasan Anda, 'pelanggan' Internal Audit Forum ini, khususnya Mr. "X". Bagi pembaca lain yang tertarik untuk sharing / berbagi pengalaman atau ide, silakan menanggapi juga. Terima kasih.
 
Pertanyaan dari Mr. "X" adalah sebagai berikut:
 
Aslm Yth. Bapak Stanley..
 
Saya Mr. "X" mahasiswa yang sedang melakukan penelitian untuk tugas akhir pak..
Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan ke Bapak.. Selama ini saya baru mengetahui definisi auditor internal dan fungsinya bagi perusahaan sebatas teoritisnya saja..
 
Namun saya ingin memiliki pemahaman secara teknis nya seperti apa.. Kenyataan di lapangan seperti bagaimana.. Dan setelah melihat forum diskusi auditor internal, dan mengetahui bapak adalah seorang praktisi yang sudah sangat berpengalaman, maka boleh kah saya mengajukan pertanyaan seputar auditor internal untuk menambah wawasan saya pak karena saya tertarik untuk menjadi auditor internal juga..

Pertanyaannya sebagai berikut:
1. Bagaimana kinerja auditor internal itu dapat dikatakan berhasil atau gagal bagi perusahaan ? Apakah output dari kinerja auditor internal itu hanyalah laporan audit saja pak ? Atau ada hasil yang lain ?

2. Berkaitan dengan komitmen organisasi pak..Bagaimanakah bentuk komitmen organisasi yang dimiliki oleh seorang auditor internal pak ? Karena saya pernah membaca komentar - komentar dari postingan bapak, dengan nick name "joe lumba" yang mengatakan bahwa, ketika auditor internal dipandang sebelah mata, dan tidak mendapat apresiasi dari berbagai pihak, maka auditor pun kerjanya menjadi asal jadi.. Mohon penjelasannya pak..

3. Berkaitan dengan tekanan kerja, apakah terdapat tekanan atau faktor - faktor baik itu dari top manajemen atau rekan kerja dalam mempengaruhi ke-independen-an auditor internal dalam memberikan laporan yang objektif dan bebas dari kepentingan sekelompok pihak pak ? Dan yang terakhir, bagaimana bentuk tekanan kerja/stress yang biasanya di alami oleh seorang auditor internal pak ?

Sekian dari saya pak.. Saya sangat berharap bapak bisa memberikan jawaban secara lengkap atas pertanyaan yang saya ajukan.. Terima kasih sebelumnya..

8 comments:

Anonymous said...

oh iya.. Menarik itu pak.. Ditunggu jawabannya..
Sebelum saya terjun di bidang auditor internal, saya mau tahu terlebih dulu gambaran auditor internal di lapangan pak agar bisa mengantisipasi hal - hal yang mungkin terjadi pada saya saat menjadi auditor internal..

Anonymous said...

saya cukup tertarik dengan forum ini, kebetulan saya adalah seorang Int. Audit di salah satu perusahaan ritel di Indonesia. sebelumnya sy bekerja di KAP lalu kemudian saya beralih ke Corporate menjadi Int. Audit (sejak Oct' 2011) ...dimana sy menemukan perbedaan yg sangat terasa saat saya menjalankan tugas audit laporan keuangan dan audit operasional yang saya kerjakan skrg. mungkin sekedar sharing saja...disini saya bekerja layaknya "Polisi" yang mencari-cari penjahat dlm perusahaan..dan laporan yg dihasilkan berupa Summary Findings yg berisikan temuan2 yg bersifat administratif maupun material..di dalamnya mencakup temuan audit itu sendiri, rekomendasi (dari IA kepada manajemen/ hal2 yg perlu diperbaiki dari manajemen) dan tanggapan manajemen atas temuan tersebut. Namun cukup disayangkan, khususnya di perusahaan tempat sy bekerja skrg, lebih mementingkan findings itu sendiri ketimbang rekomendasi yang kami berikan....sehingga...temuan/masalah yang ada akan dapat muncul lagi dan lagi dikemudian hari. Menurut saya Int. Audit harusnya bisa memberi nilai lebih untuk kemajuan perusahaan bukan hanya sekedar "menangkap penjahat". saya jg sangat menunggu tanggapan dari bapak. Terima kasih.

Soleh Sugianto said...

Nice post
Mari berbudaya contunal improvement :)
rgds,
Soleh Sugianto
Salam Kenal... semua

Unknown said...

jawabannya udah ada belum ya

internal audit recruiters said...

Internal auditing is an self-governing, purpose assurance and consulting movement intended to add value and improve an organization’s operations. It helps an association achieve its objectives by bringing a methodical.

Unknown said...

Bismillah..
agan agan ..dan sist sist
ane punya kuesioner mengenai
[B]"PENGARUH KEPEMIMPINAN & BUDAYA ORGANISASI KEPADA KINERJA AUDITOR JUNIOR DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING"[/B]
untuk skripsi ane, mohon dengan sangat agan agan luangkan waktu 5-10 menit buat ngisi gan.
ane fokus sih auditor junior,tapi yg senior pun gak masalah ..
kalo boleh sekalian ajak temannya 1-5 orang untuk ikutan isi juga :)
gratis cendol tiap harinya..:cendols PM aja kalo udah ngisi..

ini kuesionernya yaa gan
[url]https://docs.google.com/forms/d/1Xd1V3jCDQyTWKyRiBhaM5Zu5hzuEYpBANoprtXnD6tg/viewform[/url]

Marissa said...

Good article. Auditor berbeda dungeon POLISI atau KPK, pada dasarnya tidak ada system yang sempurna. Sehingga di butuhkan auditor untuk melihat dan memberikan saran perbaikan ke system tersebut.
Apa perbedaan auditor internal pada keuangan dengan auditor management system ?
Mohon pencerahan.

Terimakasih
Marissa

CAROLINA said...

Menarik sekali forum diskusi ini, apakah sudah dikupas tuntas jawaban atas pertanyaannya oleh Bpk Stanley?
Saya menunggu pembahasannya :)

Internal Audit Forum. DAFTAR ISI:

Silakan baca artikel "Internal Audit Forum" lainnya.

Klik Links di bawah ini: